Menikmati Pantai Jogja Rasa Bali? Ya di Pantai Indrayanti

Jogja dengan destinasi pantainya? Wow…, tentu sudah terbayang indahnya, bukan? Ya, Jogja memang gudangnya pantai-pantai cantik nan alami. Posisinya yang berbatasan langsung dengan laut lepas di sisi selatan, memungkin kota yang terkenal dengan julukan kota pelajar ini mempunyai hamparan pantai yang ciamik banget, salah satunya Pantai Indrayanti. Siapa sih saat ini yang tidak kenal dengan pantai Indrayanti? Siapa pun Anda tentu sudah mengenalnya, paling tidak hanya dari namanya saja.
Asal Mula Nama Indrayanti
Sebenarnya, nama asli dari pantai ini bukanlah Indrayanti seperti yang banyak orang kenal, melainkan Pantai Pulang Syawal. Indrayanti sendiri merupakan nama pemilik kafe dan restoran di tempat ini. Namun, karena papan namanya terpampang jelas di depan kafe di tepi pantai, akhirnya orang lebih mengenal pantai ini dengan nama Indrayanti hingga populer sampai sekarang. Pihak pemerintah setempat dan swasta bekerja sama meningkatkan setiap pelayanan di tempat ini. Hal ini juga semakin didukung dengan peran beberapa paket wisata Jogja yang memasukkan Pantai Indrayanti sebagai salah satu destinasi istimewa di Jogja. Bahkan, beberapa jasa rental motor Jogja juga turut menawarkan Pantai Indrayanti sebagai tujuan destinasi untuk para pelanggan mereka.
Keunikan Pantai Indrayanti
Salah satu pantai yang terletak di Gunungkidul ini memang sudah kondang kemahsyurannya. Selain menawarkan keindahan alam yang eksotis, air laut yang bersih, dan pasirnya yang putih berkilau, lengkapnya fasilitas yang disediakan juga semakin membuat wisatawan enggan meninggalkan tempat ini. Romantisme dinner yang dipadukan dengan taburan bintang di restoran tepi pantai membuat sensasi tersendiri yang sulit untuk dilupakan.
Berbeda dengan pantai lainnya, kebersihan di pantai ini sangatlah terjaga. Bahkan, agar pengunjung juga ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan pantai, jangan heran kalau pemerintah setempat menerapkan sistem denda. Jadi, jangan sembarang buang sampah jika Anda berkunjung di tempat ini ya.
Tidak hanya berhiaskan pasir putih, pantai yang terletak di timur Pantai Sundak ini dikelilingi bukit karang. Air jernih berwarna biru seakan memanggil-manggil para wisatawan untuk menceburkan diri ke pantai. Namun, hati-hati ya. Sebab, ombak di pantai ini susah untuk diprediksi. Air yang mengalun pelan bisa tiba-tiba menjadi ombak besar yang sangat berbahaya buat Anda. Oleh karena itu, ikuti selalu imbauan penjaga pantai.
Ingin mendapatkan spot yang lebih keren lagi di pantai ini? Anda bisa berjalan menuju bukit di sisi timur. Memang tidak ada jalan setapak untuk bisa naik ke atas bukit. Anda harus menerobos semak dan perdu, kemudian memanjat karang. Namun, perjuangan Anda tidak akan sia-sia, sebab, sesampainya di atas bukit hamparan Samudra Hindia beserta burung-burung yang beterbangan terpampang nyata di depan mata. Pemandangan tersebut dipadukan dengan banyaknya bukit yang berjajara, gazebo, dan rumah panggung yang tampak kecil layaknya rumah-rumah liliput di negeri dongeng. Tempat ini menjadi spot bagus untuk menikmati pantai di senja hari.
Fasilitas yang Tersedia
Ada banyak fasilitas yang tersedia di tempat ini. Salah satunya, restoran dan kafe. Dengan beragam menu khas laut hingga nasi goreng, pihak pengelola akan memanjakan lidah Anda dengan racikan bumbunya yang nyam-nyam abis. Terlebih, restoran ini langsung menghadap pantai sehingga kenikmatan bersantap Anda pun semakin mencapai puncaknya. Belum lagi jika malam tiba, acara dinner akan semakin romantis dengan adanya alunan musik alami yang berasal dari deburan ombak.
Selain adanya kafe dan restoran, pantai ini juga menyediakan beberapa gazebo sebagai tempat Anda melepas lelah setelah bermain air dan pasir di pantai. Gazebo juga bisa Anda gunakan untuk berteduh atau sekadar menikmati pemandangan laut dari kejauhan. Sruputan es kelapa muda yang disajikan bersama buahnya semakin melengkapi keberadaan di gazebo ini.
Buat Anda yang ingin melewatkan malam di tempat ini hingga keesokan harinya sebelum balik ke hotel Jogja tempat Anda menginap, bisa menyewa beberapa penginapan yang disediakan. Dengan konsep back to nature, penginapan tersebut berdiri gagah di bawah bukit. Atau, jika Anda ingin melihat lebih dekat dengan air laut, disediakan rumah panggung dan gubug yang menyerupai rumah adat Papua di dekat pantai. Sudah pasti sensasi yang akan Anda dapatkan jauh lebih indah.
Payung-payung yang disewakan di pinggir pantai juga semakin menyemarakkan nuansa Pantai Indrayanti. Jika Anda berjemur di bawah payung ini, Anda tidak akan mengira kalau Anda sedang berada di Jogja. Nuansa Pantai Kuta Bali juga tergambar jelas di pantai ini. Terlebih jika melihat banyak orang yang melakukan permainan air jet sky. Tidak perlu jauh-jauh dan mengeluarkan biaya mahal untuk sampai ke Bali deh. Di Jogja pun, Anda bisa mendapatkan sensasi yang tak kalah serunya.
Akses dan Biaya Masuk
Pantai yang terletak di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul ini mempunyai akses jalan yang cukup halus dan mudah ditemukan. Hanya saja, jalan turun naik dan berliku yang kadang membuat orang menjadi mual. Jika Anda menggunakan salah satu jasa sewa mobil Jogja, pilihlah sopir yang sudah berpengalaman di medan berliku tersebut. Sebab, jika tidak hati-hati, jurang di tepi jalan bisa mengancam keselamatan Anda.
Untuk masuk ke lokasi ini, Anda hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp10.000,00 saja. Cukup terjangkau kantong Anda, bukan? Bahkan, jika Anda menggunakan salah satu paket tur Jogja, tentu biaya retribusi ini sudah bukan tanggung jawab Anda. Anda tinggal menikmati sensasi jalan dan indahnya pemandangan salah satu wisata Jogja ini.